Waspadai Kerusakan Pada Sangkar Ukir

Waspadai kerusakan pada sangkar ukir

Biasanya sangkar ukir digunakan pemain pada saat lomba lokal maupun nasional yang memang bisa menggunakan sangkar bebas. Namun bagi sebagian kecil pemain, sangkar tidak hanya sekedar menjadi wadah atau kandang burung saja, melainkan sebagai koleksi atau barang berseni tinggi. Sangkar ukir dikoleksi karena keindahan atau bisa saja dikarenakan sejarah dari sangkar ukir itu sendiri, bisa juga dikarenakan keunikannya, misalnya hanya diciptakan satu saja sedangkan sang pengrajin telah meninggal dan lain sebagainya. Karena itulah waspadai kerusakan pada sangkar ukir yang sangat bernilai tersebut.

 

Memang benar, ada sangkar ukir yang dikhususkan untuk lomba agar memudahkan pemain membedakan dari sangkar harian yang biasanya dipakai di rumah pemain. Namun karena keunikannya dari seni ukirannya, sangkar-sangkar tersebut lambat laun hanya menjadi koleksi dan benar-benar disimpan dan dipajang dietalase saja. Sangkar-sangkar ukir tersebut menjadi sangkar yang “diistimewakan” oleh sang pemilik. Untuk menghindari kerusakan dari berbagai sebab, sangkar-sangkar ukir yang “diistimewakan” tersebut akhirnya menjadi barang koleksi.

Sebenarnya perawatan untuk sangkar ukir hampir sama dengan sangkar yang lain. Untuk membersihkan sangkar ukir bisa dengan cara dilap disemua bagian termasuk jerujinya menggunakan kain basah. Entah itu ada kotoran dari serangga kecil maupun debu. Setelah dibersihkan menggunakan lap basah, kemudian dikeringkan dengan menggunakan kain kering halus atau kain khusus semacam kanebo. Terutama pada bagian bawah tempat kotoran harus benar-benar bersih sebelum kemudian disimpan dengan cara dibungkus plastik besar dan rapat. Setelah benar-benar kering, banyak versi dari pamin untuk menyimpan sangkar-sangkar istimewanya. Ada yang digantung diruangan tertentu, ada yang disimpan dietalase agar bisa lebih enak dilihat.

Hal yang perlu diperhatikan

Hal yang sangat penting adalah menjauhkan sangkar-sangkar ukir tersebut dari jangkauan tikus. Terkadang tikus juga mengigit dan merusak sangkar yang notabene tak berpenghuni. Kalau sudah termakan tikus, tentunya biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki sangkar ukir itu tidak murah. Seringkali sangkar yang telah dibungkus plastik dan diletakkan dibagian yang rendah (seperti dirauh di kursi atau meja) yang diserang oleh tikus. Biasanya patah pada bagian jerujilah yang paling umum dari serangan tikus.

Gangguan lainnya adalah sangkar ukir yang terserang rayap. Terkadang sangkar yang masih relatif baru juga bisa diserang rayap sehingga keluar bubuk-bubuk dari permukaan sangkar. Sediakan obat yang bisa mengatasi rayap atau serahkan saja pada ahlinya untuk mengurus dan memperbaiki sangkar ukir agar kembali menjadi sangkar ukir yang berseni.

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.