Telur Lovebird Bisa Gagal Menetas

Telur lovebird bisa gagal menetas

Tidak selamanya telur lovebird mulus dan menetas meskipun telah dierami induknya. Adakalanya telur-telur tersebut gagal menetas tanpa diketahui penyebabnya. Hal ini juga banyak dialami oleh banyak peternak love bird terutama terjadi pada peternak pemula. Calon indukan betina dan jantan pun sudah memenuhi syarat untuk dijodohkan dan teknik breeding juga sudah sama dengan peternak lain. Lantas, apa penyebab telur lovebird bisa gagal menetas? Berikut ini kami akan mengulas penyebab telur lovebird bisa gagal menetas.

Penyebab kegagalan telur menetas

Setelah sepasang lovebird tersebut berjodoh, beberapa minggu kemudian induk betina akan bertelur. Sayangnya, telur-telur tersebut setelah dierami tidak semuanya menetas. Hanya ada beberapa yang menetas menjadi anakan. Ada kalanya semua telur tidak menetas satupun. Persoalan telur lovebird bisa gagal menetas seperti ini kerap terjadi dimana saja. Ada tiga kemungkinan penyebab telur lovebird bisa gagal menetas, yakni:

  1. Ada embrio di dalam telur, namun telah mati sebelum menetas.
  2. Telur tidak memiliki embrio, sehingga ketika telur pecah beraroma busuk.
  3. Telur tidak memiliki embrio dan ketika dipecah tidak mengeluarkan bau busuk

Untuk persoalan pertama, sudah jelas bahwa ada embrio namun sudah mati sebelum telur menetas. Dalam persoalan seperti ini biasanya disebabkan karena embrio tersebut tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup. Terutama vitamin dan protein selama masa pertumbuhan telur yang bersangkutan. Pada persoalan yang kedua, yaitu telur tidak memiliki embrio tetapi jika dipecah mengeluarkan bau busuk. Sebenarnya, bau busuk ini berasal dari sebuah cairan yang akan menjadi embrio namun mati sebelum menjadi embrio. Biasanya kematian calon embrio ini terjadi pada masa 3-5 hari setelah telur dierami.

Sedangkan untuk persoalan yang ketiga adalah telur yang sama sekali tidak mempunyai embrio sama sekali. Hal ini dibuktikan ketika telur dipecah tidak mempunyai bau busuk sama sekali. Ini disebut telur yang bersifat infertil, yaitu keadaan di mana telur sama sekali tidak mengandung sel benih. Kasus ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada love bird saja. Bisa hal ini terjadi pada burung kicau lainnya seperti kenari, murai batu, kacer dan lainnya. Kasus gagalnya telur menetas ini sudah dianggap biasa oleh para peternak, karena itulah diperlukan perhatian khusus pada burung kicauan sebelum dijodohkan (kawin).

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.