Penyebab Penyakit Merpati Balap dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Penyebab penyakit merpati balap dan bagaimana cara mengatasinya

Ada berbagai macam jenis penyakit terdapat pada merpati balap. Baik itu Tetelo (sering juga disebut sabagai ND), canker (Goham), dan lainnya. Salah satu penyakit yang ditakuti oleh pemilik merpati balap adalah Tetelo, yaitu berak hijau, cair dan muntah-muntah. Lantas apa sajakah penyebab penyakit merpati balap dan bagaimana cara mengatasinya?

Tetelo muncul bukan hanya di musim panas, melainkan juga dimusim hujan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, faktor yang paling utama adalah kondisi kandang yang kurang bersih. Akibatnya, merpati balap yang kondisinya kurang vit akan mudah terserang penyakit ini. Apalagi saat malam hari dengan suhu udara yang sangat dingin, maka secara mudah penyakit tetelo ini bisa masuk ke dalam tubuh merpati balap.

Selain itu, munculnya parasit Salmonella, suatu parasit yang bisa datang ke kandang lewat merpati luar yang masuk ke dalam kandang tanpa dikarantina terdahulu. Yang dimaksudkan karantina adalah dimandikan dengan sampoo antiseptik untuk menghilangkan virus atau bakteri yang merekat pada bulu merpati tersebut. Kemudian dijemur di terik sinar matahari beberapa saat. Hal ini dilakukan 3-4 hari berturut-turut. Kemudian barulah merpati ini bisa disatukan dengan merpati lainnya.

Penyebab munculnya parasit salmonella lainnya adalah lewat lalat, tikus, atau jenis hewan lainnya. juga bisa lewat makanan yang dimakan oleh merpati tersebut. Oleh sebab itu, kandang merpati balap harus bebas dari hewan lainnya serta makanan yang segar dan higienis. Salah satu penyebab yang lain terhadap munculnya parasit salmonella yang terbilang tragis adalah parasit ini masuk lewat salah satu calon embrio. Lewat transmisi bakteri ke sel. Jika ini terjadi, embrio bisa dipastikan akan mati. Ciri-cirinya adalah tanda hitam pada telur. Selanjutnya telur tidak bisa menetas.

Gejala-gejala

Gejala yang muncul jika merpati balap sudah terjangkit penyakit adalah:

  1. Merpati balap terlihat sehat, namun tidak mempunyai keinginan untuk terbang, merpati balap terlihat lemas, dan jika tidak terdeteksi, keesokan harinya merpati akan sekarat.
  2. Merpati balap diare tinggi. Tinja yang dikeluarkan berwarna hijau keputihan disertai lendir. Jika merpati balap sudah sampai ke tahap ini, lebih baik menyingkirkan merpati balap tersebut sehingga tidak melunar ke merpati balap yang lain.
  3. Bila sudah terjangkit parasit ini, artikulasi dari sayap atau kaki akan bengkak dan sakit ketika disentuh. Hal ini Terkadang membuat merpati tidak bisa terbang dan bahkan sayapnya mengantung pada lantai.
  4. Jika gejala sudah seperti gejala nomor ketiga diatas, maka infeksi bisa merambat ke otak. Hal ini menyebabkan kepala merpati balap miring. Bisa disebut sebagai kehilangan orientasi dan gerakan menyerupai infeksi paramyxovirus.

Karena itulah sebaiknya pemilik merpati balap menggunakan kandang alumunium yang bisa tahan terhadap karat. Bila dana kurang mencukupi bisa menggunakan kayu, dengan catatan harus dicat guna menghindari masuknya parasit salmonella pada sel-sel kayu.

Cara mencegah dan mengatasi

Cara mencegah parasit ini sebenarnya mudah, yaitu dengan cara menjaga kebersihan kandang. Menghindari hewan lain seperti lalat atau tikus. Dan satu hal yang perlu diperhatikan, yakni jumlah merpati balap jangan melebihi kapasitas kandang (overload).

Sebab, dengan jumlah yang melebihi batas maksimal, udara di dalam kandang akan menjadi pengap. Akibatnya bisa menurunkan daya tubuh dari merpati-merpati balap tersebut. Disinilah muncul parasit salmonella dan menyebar dengan cepat. Karena sudah dijelaskan diatas bahwa parasit ini bisa masuk lewat dalam maupun luar kandang merpati balap.

Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan memberikan sejenis tablet Tony’s Tresure, tablet buatan australia. Obat ini cukup ampuh untuk mengobati berak hijau berlendir. Cara pemakaiannya diberikan setiap pagi dan sore satu tablet dilakukan selama minimal tiga hari berturut-turut. Umumnya merpati balap akan bisa kembali pulih dan sehat.

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.