Menyilangkan Gold Finch Dengan Kenari F1

Menyilangkan gold finch dengan kenari f1

Ternyata burung gold finch sangat cocok jika disilangkan dengan kenari lokal maupun impor (F1) karena keduanya masih dalam kategori satu famili. Maksud dan tujuan dari penyilangan ini adalah anakan kenari yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang lebih bagus dari induknya. Menyilangkan gold finch dengan kenari f1 sering disebut “kenari mule” atau “kenari hybird”. Dari pengalaman yang ada, menyilangkan gold finch dengan kenari f1 akan menghasilkan anakan kenari dengan nada yang lebih merdu dan memiliki irama lebih panjang. Anakan hasil persilangan ini juga memiliki gerakan yang lebih aktif dibandingkan dengan kenari biasa.

Kandang yang diperlukan

Sebelum menyilangkan gold finch dengan kenari f1, kita harus menyiapkan kandang breeding yang terbuat dari kawat kasa atau bilahan bambu di mana di bagian tengahnya ada penyekatnya. Dengan ukuran kandang P: 150cm, L: 40cm, dan T: 50 cm. Kandang breeding juga diberi 2 pintu yang masing-masing berada di dinding samping kanan dan kiri. Pintu ini bertujuan untuk memasukkan kenari dan gold finch ke dalam kandang breeding tersebut. Di dalam kandang breeding tersebut harus disediakan bahan untuk pembuatan sarang yang berupa ijuk atau daun cemara kering. Bahan-bahan sarang tersebut cukup diletakkan di alas kandang di mana nantinya sepasang burung tersebut akan membuat sarang sendiri. Di dalam kandang tersebut juga perlu disiapkan box yang terbuat dari triplek sebagai tempat sarang.

Menyiapkan dan menjodohkan kedua burung

Setelah menyiapkan kandang, maka tinggal menyiapkan kedua burung yang akan disilangkan. Kedua burung tersebut harus sudah berumur matang dan siap untuk dijodohkan, misalnya kenari f1 betina berumur 8 bulan dan gold finch jantan berumur 1 tahun. Jika kedua burung telah siap, masukkan kedua burung tersebut ke dalam kandang breeding tadi yang kemudian kedua burung tersebut dipisahkan oleh sekat. Seiring dengan berjalannya waktu, dalam kandang tersebut keduanya akan saling mengeluarkan suara yang bersahut-sahutan. Hal ini menandakan bahwa keduanya sudah saling tertarik dan sekat di dalam kandang bisa dilepas sehingga keduanya bisa bersatu.

Tak berapa lama, kedua burung tersebut akan melakukan perkawinan. Setelah itu, keduanya akan membuat sarang dari daun cemara. Daun-daun cemara yang berada dalam kandang breeding akan diangkut ke dalam box kecil yang terbuat dari triplek. Ketika induk kenari betina bertelur, pisahkan pejantan gold finch dalam sangkar tersendiri dan biarkan induk betina kenari mengerami telurnya. Telur-telur yang dierami akan menetas dalam waktu 2 minggu. Piyik-piyik yang telah menetas biarkan diasuh oleh induk betina kenari hingga berumur 1 bulan. Ketika piyik-piyik sudah berumur 1 bulan, piyikan bisa disapih dari induknya dan dipelihara dalam sangkar tersendiri. Sementara itu, kedua indukan tadi bisa dipertemukan kembali agar terjadi perkawinan kembali dan lakukan proses ini berulang kali.

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.