Menghindari Petarungan Antar Pasangan Yang Berjodoh

Menghindari petarungan antar pasangan yang berjodoh

Jika anda menggunakan sistem kandang koloni untuk beternak love bird, maka ada beberapa hal yang perlu dihindari. Salah satunya adalah menghindari petarungan antar pasangan yang berjodoh. Penggunaan sistem kandang koloni sama berarti cara beternak dengan poligami. Yang dimaksudkan disini adalah mengawinkan seekor pejantan dengan beberapa betina. Misalnya 4 ekor jantan yang dikawinkan dengan 7 ekor betina. Ketika 11 ekor burung tadi dimasukkan ke dalam kandang. Keempat ekor jantan akan langsung mencari pasangannya masing-masing.

Dapat dipastikan keempat pejantan ini akan mendapatkan pasangan karena jumlahnya lebih sedikit dibandingkan betina. Sedangkan beberapa betina tidak mendapat pasangan pejantan. Namun ternyata semua betina mendapatkan pasangan juga. Hanya saja betina yang mendapat pejantan di akhir berati dia mendapat pejantan yang mempunyai sifat poligami. Bisa jadi 3 ekor pejantan mengawini 2 ekor betina dan seekor pejantan tetap setia dengan pasangannya. Bahkan bisa jadi 2 ekor pejantan mengawini 2 ekor betina, seekor pejantan tetap setia dan seekor pejantan lainnya mengawini 3 ekor betina sekaligus.

Meski demikian, pejantan yang mengawini betina lebih dari seekor, tetapi dalam kenyataannya tidak terjadi perkelahian antar betina yang menjadi pasangan dari pejantan tersebut. Hanya saja yang kerap terjadi adalah para betina berebut gelodok untuk persiapan perkawinan mereka. Dalam perebutan tersebut bisa terjadi pertarungan yang hebat antar para betina.

Cara mengantisipasi

Untuk menghindari petarungan antar pasangan yang berjodoh, pemilik harus piawai dalam menyediakan gelodok. Persiapan bisa dilakukan dengan cara membuat gelodok melebihi jumlah ekor betina yang ada di dalam kandang koloni. Sehingga jumlah gelodok bisa mencapai 8 atau 10 gelodok mengingat jumlah betina ada 7 ekor. Dengan demikian betina dapat memilih gelodok dalam jumlah yang lebih banyak. Jikalau masih ada betina yang berebut, maka perkelahian tidak akan terjadi. Hal ini dikarenakan salah satu betina akan mengalah dan memilih gelodok yang lain. Mereka akan memilih gelodok yang kosong tanpa penghuni. Sebaliknya, jika mereka tidak berebut gelodok, maka jumlah gelodok dapat dikurangi sesuai dengan jumlah betina yang ada didalam koloni.

Cara yang lain untuk menghindari petarungan antar pasangan yang berjodoh adalah dengan cara memperbanyak jumlah tempat pakan dan minum. Bisa jadi dalam kandang koloni tersebut disiapkan 8-10 tempat pakan dan minum. Sehingga masing-masing pasangan mempunyai tempat pakan dan minum sendiri-sendiri. Singkat kata, dalam beternak love bird dengan menggunakan sistem koloni tidak akan terjadi perkelahian yang hebat. Perkelahian diawal hanya untuk berebut gelodok saja, bukan perkelahian untuk menguasai wilayah atau mempertahankan pasangan. Karena itulah antisipasi yang tepat adalah dengan cara menambahkan gelodok, tempat pakan dan minum saja.

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.