Memulihkan Ocehan Cucak Rowo

Memulihkan ocehan cucak rowo

Cucak rowo ternyata mempunyai ciri khas dimana dia secara tiba-tiba memiliki kepercayaan diri dan semangat tinggi sehingga suka berbunyi secara terus menerus. Apalagi jika cucak rowo mendengar bunyi dari burung lain, cucak rowo akan semakin “menyerang” dengan cara mengeluarkan suaranya sekeras-kerasnya. Kesimpulannya adalah ketika mendengarkan suara dari burung lain, cucak rowo akan semakin menjadi-jadi. Kejadian seperti ini bukan berarti semakin baik untuk cucak rowo tersebut, melainkan malah bisa menjadi bencana untuk cucak rowo tersebut.

Salah satu efek negatif yang ditimbulkan dari kejadian tersebut adalah rusaknya pita suara cucak rowo tersebut. Indikasi dari rusaknya pita suara cucak rowo tersebut adalah suaranya menjadi serak dan volumenya menjadi kecil, bahkan suaranya bisa menghilang. Kejadian seperti ini sering kali terjadi. Karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang memulihkan ocehan cucak rowo yang diakibatkan oleh rusaknya pita suara burung tersebut. Gejala lain yang ditimbulkan akibat “over” bunyi tadi adalah dubur dari cucak rowo yang bersangkutan bisa rusak. Kalau sudah begitu, pemilik harus segera melakukan tindakan agar burung tersebut selamat dari kerusakan yang lebih parah.

Perawatan untuk memulihkan

Cara untuk memulihkan ocehan cucak rowo yang sudah mengalami beberapa gejala tersebut adalah

  1. Mengistirahatkan cucak rowo tersebut dalam sangkar harian seraya ditutupi kerodong kain.
  2. Sangkar tersebut kemudian dijauhkan ke dalam ruangan yang agak tertutup. Dan usahakan tanpa bisa mendengar suara dari burung lain termasuk cucak rowo yang lain.
  3. Biarkan cucak rowo yang sakit ini terisolasi selama beberapa hari hingga suaranya kembali normal.
  4. Selain melakukan pengisolasian terhadap cucak rowo yang sakit ini, cucak rowo tersebut diterapi setiap minggu dengan menyemprotkan air dengan menggunakan jet sprayer.
  5. Penyemprotan air ini dilakukan tiap pagi dan kemudian dilanjutkan dengan penjemuran.
  6. Usahakan pada saat penyemprotan dan penjemuran tersebut, cucak rowo yang sakit tetap menjauh dari burung yang lain, baik dari segi pandangan atau pendengarannya. Karena cucak rowo tersebut masih dalam kondisi pemulihan sehingga tetap dilarang untuk bersuara akibat pengaruh dari burung lain.
  7. Langkah yang lain adalah memberikan bak plastik ke dalam sangkarnya yang berisi air sehingga cucak rowo yang sakit tersebut tetap bisa mandi pada saat pagi maupun siang hari.
  8. Dengan melakukan tindakan demikian, pita suara cucak rowo yang sakit akan berangsur-angsur sembuh asalkan cucak rowo tersebut tidak bersuara keras selama masa pemulihan.

Lama masa penyembuhan cucak rowo yang sakit bisa beragam, tergantung dari pemeliharaan sang pemilik. Biasanya cucak rowo yang sakit bisa sembuh dan kembali berbunyi setelah 2 minggu. Ketika cucak rowo yang sakit telah sembuh, cucak rowo bisa ditempatkan kembali di tempat yang biasanya cucak rowo tersebut tinggal. Dan bisa berdekatan dengan burung lain tanpa harus dikerodong.

 

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.