Mempersiapkan Kacer Untuk Perlombaan

Mempersiapkan Kacer Untuk Perlombaan

Mempersiapkan kacer untuk perlombaan memanglah bukan perkara yang mudah. Terlebih lagi untuk menghilangkan karakter kuda laut, seringkali membuat perawat angkat tangan. Namun jika perawat memiliki kesabaran dan selalu bisa peka melihat kondisi real disetiap saat, maka kacer bisa dengan mudah dimaksimalkan. Banyak perawat kacer handal yang telah sukses mengorbitkan gaco di arena. Memang burung kacer kerap diperlombakan pada berbagai perlombaan kicau, maka dari itu banyak peminat untuk jenis burung ini dengan alasan kicauannya ataupun hanya untuk sekedar hobi.

Biasanya yang terjadi pada saat perlombaan, burung membisu atau tidak mau berkicau. Faktor burung bisu pada waktu acara perlombaan ada banyak. Salah satu faktor yang mengakibatkan burung bisu antara lain yaitu karena faktor mental dari burung itu sendiri. Umumnya burung kacer cenderung diam pada waktu berada di lingkungan yang baru atau yang asing. Karena itu, alangkah baiknya apabila sebelum lomba anda mempersiapkan dulu mental burung itu agar mudah beradaptasi pada lingkungan yang baru atau lingkungan asing. Tak hanya itu saja, terdapat juga faktor kicauannya jadi semakin pelan atau tidak beraturan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya burung yang ikut dalam acara perlombaan. Oleh sebab itu, melakukan setingan kacer sebelum acara lomba itu sangatlah penting.

Langkah-langkah mempertahankan peforma kacer

Mempertahankan perfoma kacer membutuhkan kesabaran, ketelitian dan ketekunan dalam melakukan perawatan harian. Misalnya, Pagi hari burung dijemur sebentar kemudian dimandikan dan dipindahkan ke dalam kandang yang sudah bersih. Usai mandi diangin-anginkan yang kemudian dilanjutkan pemberian 5 ekor jangkrik. Pada saat sore hari diberikan 5 ekor jangkrik lagi plus kroto secukupnya. Ketika malam hari dimandikan dan dikrodong serta digantangkan di dalam rumah.

Cara sederhana ini semata-mata untuk memulihkan kondisinya agar benar-benar sehat. Menjelang lomba dilakukan settingan tertentu dan setiap burung mempunyai settingan sendiri-sendiri. Misalnya ada yang suka dadakan atau keadaan digenjot dengan ekstra fooding (pemberian makan porsi ekstra) mulai pagi sebelum lomba, ada juga yang melekukan pengenjotan ekstra fooding (pemberian makan porsi ekstra) 2 hari sebelum lomba. Ektra fooding (peningkatan pemberian makan) bisa melalui jangkrik, kroto ataupun ulat hongkong.

Guna menilai kerja atau tidaknya burung pada waktu di lapangan, tidak dapat diukur dengan tingkat kegacorannya pada saat di rumah. Seluruhnya itu harus ada pengujian di lapangan dengan metode diikutkan latber atau latihan bersama. Atau dapat juga dengan metode ditrek (gathering) bersama dengan kacer lain. Latihan dengan menggunakan metode latber dapat dilakukan sampai dengan 1 minggu sekali. Dengan cara ini dapat terlihat apakah setelan perawatan harian sudah berhasil ataupun tidak berhasil. Semakin sering melakukan metode yang sedemikian diterapkan, maka akan semakin paham burung kacer pada medan pertarungan.

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.