Memastikan Sepasang Lovebird Berjodoh

Memastikan sepasang lovebird berjodoh

Jika peternak ingin beternak lovebird dengan menggunakan cara yang nyeleneh seperti artikel kami yang sebelumnya, maka diharapkan untuk melakukan pengamatan. Pengamatan ini untuk memastikan sepasang lovebird berjodoh diharuskan pemilik mengamati kandang koloninya. Andaikan ada seekor burung betina saling berduaan dengan seekor pejantan ke manapun mereka bergerak hingga berhari-hari termasuk ketika makan dan tidur, bahkan ketika makan, tidur dan masuk ke dalam gelodok secara bersamaan, maka keduanya dapat dipastikan sudah saling tertarik dan terikat.

Persiapan sepasang lovebird yang berjodoh

Jika tabiat tersebut di atas berlangsung terhitung 3 hari atau lebih, maka ambil kedua burung lovebird itu. Kemudian sepasang lovebird tersebut dimasukkan ke dalam kandang baterai yang notabene berukuran lebih kecil dari kandang koloni. Di kandang baterai ini, disiapkan 1 unit gelodok yang didalamnya diberi bahan sarang dari serbuk gergaji. Di dalam kandang breeding ini juga disiapkan pakan kesukaan lovebird berupa canary seed, jagung muda, kangkung yang dipotong-potong, daun pepaya dan air minum.

Di kandang breeding atau kandang baterai ini, sepasang lovebird akan melangsungkan perkawinan setelah dipindah dari kandang umbaran atau kandang koloni. Namun ada beberapa yang membutuhkan waktu beberapa hari kemudian untuk beradaptasi yang kemudian melangsungkan perkawinan. Diperkirakan 2 minggu setelah melakukan perkawinan, indukan betina akan bertelur. Saat indukan betina akan bertelur, ia akan mempunyai kebiasaan keluar masuk gelodok. Baru setelah itu, terhitung 2 minggu sang induk betina akan bertelur dengan jumlah 3 hingga 5 butir telur.

Telur-telur ini akan dierami induk betina selama 14 hari. Kemudian telur-telur tersebut akan menetas secara bergantian menjadi anakan dengan kelebihan bulu warna warni. Seluruh anakan biarkan diasuh oleh induknya selama 2 mingguan. Kemudian pisahkan anakan dari indukannya, dan masukkan ke dalam inkubator. Selama dalam inkubator, anakan lovebird ini perlu diloloh untuk makannya hingga anakan tersebut bisa makan sendiri. Di sinilah peranan pemilik sangat penting untuk tumbuh kembang anakan lovebird tersebut.

 

Penulis : Redaksi Seputar Burung

Sumber : Berbagai referensi artikel burung

Kunjungi kami :
Website : https://www.seputarburung.com
Fan Page : https://facebook.com/seputarburungofficial
Twitter : @seputarburung
Instagram : @seputarburung
Tokopedia : https://www.tokopedia.com/seputarburung
Bukalapak : https://www.bukalapak.com/seputarburung
Shopee : https://shopee.co.id/seputarburung
Kaskus : https://www.kaskus.co.id/@seputarburung
WhatsApp : 082132657777

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.