Kandang Ideal Guna Kesehatan Merpati Balap

Kandang ideal guna kesehatan merpati balap

Dari berbagai sumber, mengukur kandang ideal guna kesehatan merpati balap sangat penting. Berapa jumlah merpati yang akan dipelihara tentu juga tergantung dari kemampuan pemilik merpati balap masing-masing. Sebagai pertimbangannya, setiap satu meter persegi kandang idealnya adalah untuk tiga ekor merpati balap. Namun, jika merpati balap diumbar (dibiarkan), mungkin bisa lebih dari tiga ekor. Jumlah merpati balap yang tidak terlalu banyak sebenarnya bisa lebih membawa keberuntungan, misalnya merpati balap tidak akan terlalu stress karena over load, lebih mudah mengawasi merpati balap, mengurangi kemungkinan penyakit menular, dan lebih ringan menjaga kebersihan kandang.

 

Hal ini karena tingkat kelembaban di negara kita sangat tinggi, maka kandangpun juga harus mempunyai sirkulasi udara yang bagus dan sinar matahari yang masuk juga harus cukup. Tempat yang lembab merupakan media berkembangnya berbagai bakteri patogen. Selain itu bakteri tertentu seperti streptococcus berkeliaran di udara yang pengap. Oleh sebab itu, pengaturan sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup bisa menjaga kesehatan merpati balap. Jika lokasi kandang tidak memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari, maka sebagian atap kandang sebaiknya terbuat dari bahan fiber.

Kalau kita liat di pagupon untuk ternak di luar negeri, bentuknya tidak tertutup layaknya punya kita, namun pada bagian depannya terbuka dan hanya ada jeruji saja. Sistem pegupon demikian ada untungnya terutama untuk pegupon ternak, karena kita bisa mengawasi kebersihan, sirkulasi udara yang baik dan memudahkan memonitor keadaan piyik yang masih diloloh. Di negara berudara kering, ada sistem kandang yang disebut “Deep Litter System” yaitu sistem kotoran merpati ditumpuk dalam kandang dan juga pegupon. Hal ini bertujuan untuk merpati agar terbiasa hidup bersama bakteri agar kekebalan tubuhnya juga meningkat.

Sistem terbaik yang harus digunakan

Namun, sistem tersebut tidak memungkinkan digunakan di Indonesia yang berudara lembab. Jadi kandang harus dibersihkan setiap hari. Akan lebih bagus jika membersihkan kandang tersebut secara rutin dengan disinfektan, karena ada bakteri yang hidup di lantai bersama kotoran seperti E-coli dan Salmonella. Sebaiknya merpati balap dewasa dan piyik dipisah, jika disatukan maka piyik akan mudah stress karena dikejar dan dipatoki oleh merpati dewasa. Oleh karena itu, jika kita mempunyai beberapa indukan sebaiknya waktu penetasan dilakukan bersamaan atau hampir bersamaan agar piyik yang menetas dapat ditempatkan dalam satu tempat.

Merpati yang mengalami stress menyebabkan daya tubuhnya berkurang dan bakteri akan lebih mudah menyerang merpati balap tersebut. Kandangpun harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman untuk piyik. Oleh sebab itu, kandang piyik ada yang dibuat kotak kecil menempel pada dinding. Ini dimaksudkan agar piyik tidak saling berkelahi dan bisa beristirahat dengan tenang. Banyak penyakit ditularkan melalui air minum juga seperti goham dan paratyphoid. Jadi kebersihan air minum juga perlu diperhatikan. Kalau perlu, air minum merpati jangan dicampur. Kalau ada merpati yang dirasa kurang sehat harus segera dipisah dan di monitor perkembangannya dan tempat air minumnya juga disendirikan.

Perawatan yang tepat

Ada baiknya air minum dicampur dengan cuka apel atau cuka makan biasa yang mempunyai kepekatan 5%. Setiap dua liter air minum dicampur dengan 1-2 ml cuka. Tujuannya adalah untuk mengendalikan bakteri E-coli dan Salmonella. Lebih bagus jika seminggu sekali air minum diberi yogurt atau yakult sebagai penganti probiotik, lebih bagus lagi jika diberikan probiotik khusus. Logikanya, yakult bisa menganti probiotik karena sama-sama mengandung bakteri lactobacillus yang baik untuk pencernaan dan kesehatan lambung.

Pemakaian cuka pun setidaknya seminggu sekali. Dengan maksud bukan untuk sumber vitamin C, namun untuk menjaga keasaman kondisi lambung agar bakteri E-coli dan Salmonella tidak bisa berkembang biak, karena kedua jenis bakteri ini tidak menyukai lingkungan yang asam. Selain itu pemberian cuka apel juga juga membuat bulu lebih lembut. Untuk dosis memang jangan terlalu asam dan tergantung dari tingkat kepekatan cuka. Sebelum dicampur dengan air minum sebaiknya dijilat sedikit guna mengetahui tingkat keasaman. Yang terpenting ada rasa asam dan tidak tawar. Kacang kedelai untuk pakan merpati diperlukan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Protein ini digunakan merpati untuk pergantian sel-sel yang rusak. Kebutuhan protein untuk merpati yang sedang lomba sekitar 12%, merpati yang sedang loloh, piyik yang masih dalam tahap perkembangan dan merpati mabung sekitar 18-20%.

Selain memiliki protein yang tinggi, kedelai juga mengandung licithine yang sebetulnya semacam lemak yang bisa bagus untuk pertumbuhan bulu. Begitu juga dengan millet yang juga bagus untuk pertumbuhan bulu. Kedelai pada lapisan luarnya mengandung zat thrypisin. Lapisan ini harus dihilangkan atau dinetralisir dengan cara disangan (roasted) beberapa menit. Sebab kalau tidak dinetralisir kandungan dalam kedelai tidak bisa diserap secara maksimal. Zat thrypisin juga kurang baik untuk pencernaan.

 

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.