Awasi Kenari Yang Suka Menabrak Dinding Sangkar

Awasi kenari yang suka menabrak dinding sangkar

Ada beberapa penyebab burung kicau suka menabrak dinding sangkar, begitu juga pada burung kenari. Pada umumnya kenari yang suka menabrak dinding sangkar adalah karena sedang giras atau bisa dibilang over birahi. Awasi kenari yang suka menabrak dinding sangkar karena bisa mengakibatkan bulu-bulunya rontok. Parahnya, kulit kepalanya bisa ikut terkelupas. Permasalahannya adalah ketika kenari sedang giras atau over birahi, kenari tersebut akan terus menabrak dinding sangkar.

Kenari yang mengalami over birahi bisa dibilang mengalami tekanan kejiwaan yang teramat sangat, Karena tidak bisa melampiaskan birahinya, kenari mengalami tingkat kestressan yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan kebiasaan menabrak dinding sangkar terjadi. Bahkan kenari tersebut tidak sadar bahwa kelapanya atau bagian tubuh lainnya mengalami luka.

Dampak dari kenari yang over birahi yang ringan adalah enggan berbunyi seperti sedia kala. Karena itulah ketika kenari over birahi, jangan dibawa keperlombaan karena walaupun kenari dikenal sebagai burung berjiwa petarung yang tinggi, kenari yang over birahi tidak akan berbunyi sama sekali. Kenari tersebut seperti tidak peduli dengan kicauan burung lainnya. Bisa jadi pada saat lomba tersebut, kebiasaan kenari yang suka menabrak tembok akan muncul. Kalaupun kenari yang mengalami over birahi berbunyi, maka kenari tersebut akan berbunyi seadanya saja.

Perawatan yang dibutuhkan

Ada dua cara untuk mengatasi kenari yang sedang over birahi. Yaitu dengan cara memandikan atau mengkawinkan kenari tersebut. Langkah memandikan kenari yang sedang over birahi adalah sebagai berikut. Bawa kenari yang bersangkutan beserta sangkarnya dan keluarkan pada pagi hari sekitar jam 6. Semprot kenari tersebut dengan air dalam sprayer secara halus hingga bulunya basah kuyup. Kemudian gantangkan dan jemur sangkar beserta kenari tersebut. Upayakan terkena sinar matahari secara menyeluruh. Penjemuran seperti ini lakukan 1 jam saja kemudian masukkan ke dalam ruangan yang teduh. Lakukan hal ini hingga kebiasaan kenari menabrak tembok hilang.

Langkah kedua adalah dengan cara mengawinkan kenari yang over birahi tersebut. Biarkan kenari yang giras di dalam sangkarnya dan siapkan pasangannya di dalam kandang breeding. Kemudian dekatkan kedua sangkar tersebut dengan pintu yang saling terhubung. Buka masing-masing pintu sehingga mereka bisa masuk ke dalam salah satu sangkar dan biarkan mereka kawin secara alami. Kenari yang over birahi tersebut akan menjadi lebih jinak setelah proses perkawinan dan akan berkarakter seperti semula.

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.