Antisipasi Penyakit Berak Kapur Pada Kacer

Antisipasi penyakit berak kapur pada kacer

Berak kapur merupakan salah satu penyakit kacer yang mematikan. Penyakit ini juga mudah menular pada jenis burung lain. Jadi penyakit ini bukan saja milik kacer saja. Penyait ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kematian pada burung yang mengidap penyakit ini. Karena itulah untuk rubik kali ini kami akan membahas mengenai antisipasi penyakit berak kapur pada kacer. Awasi penyakit berak kapur ini, jangan sampai kacer anda terserang penyakit ini. Selama tidak ada perawatan khusus, kacer akan mati secara menderita jika terkena penyakit ini. Pada dasarnya, berak kapur merupakan salah satu penyakit kacer yang disebabkan oleh serangan bakteri Salmonella atau bakteri Pullorum. 

Penyakit ini juga menular pada kacer lain yang masih sehat. Bahkan, penyakit ini juga menular pada jenis burung lain seperti cucak hijau, kenari, murai batu, dan lainnya. Penularan bisa terjadi melalui udara, kontak langsung atau sentuhan, pakan, dan minumnya. Penyakit yang disebabkan bakteri berbahaya ini hanya menyerang organ pencernaan dengan efek berak akan berwarna putih seperti kapur. Oleh karena itu, penyakit ini disebut berak kapur.

Gejala

Ada beberapa gejala yang bisa menjadi panutan apakan kacer tersebut mengalami berak kapur atau tidak. Gejala-gejala yang ditimbulkan antara lai adalah:

  1. Kotorannya encer dan berwarna keputihan.
  2. Kacer kerap menunduk dan sayapnya cenderung lemah.
  3. Nafsu makan kacer menjadi berkurang.
  4. Gerakan kacer yang terinfeksi menjadi sangat lamban.
  5. Kicauannya menurun drastis.
  6. Lututnya membengkak dan lemah.
  7. Bagian pantatnya selalu kotor dan disertai bulu yang lengket.
  8. Pernafasan kacer yang terinfeksi cenderung megap-megap.

Selama penyakit ini tidak diatasi atau diantisipasi dengan baik dan benar, maka kacer bisa mengalami kematian yang tragis. Bukan hanya itu saja, dampak terburuknya adalah burung lain yang berada dekat dengan kacer yang terinfeksi bisa jadi tertular penyakit ini.

Cara mengatasinya

Ada beberapa langkah mudah untuk mengatasi kacer yang sudah terinfeksi serangan berak kapur, diantaranya adalah:

  1. Melakukan pembersihan sangkar secara menyeluruh dan rutin dengan menggunakan larutan antiseptic. Tujuannya adalah untuk membunuh kuman, membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam sangkar.
  2. Membersihkan tempat pakan dan tempat air minum menggunakan air dan larutan antiseptic. Hal ini dilakukan karena kotoran yang menempel pada perangkat tersebut harus benar-benar hilang dan bersih dari kuman.
  3. Hindarilah pemberian makanan yang berlebihan. Hal ini dikarenakan makanan yang menumpuk bisa menjadi sarang kuman dan jamur.
  4. Lakukan pengobatan pada kacer yang bersangkutan menggunakan obat merk Therapy, Medoxy, Sulfamix, Koleridin, Teteacholer, Respiratek, Neo Meditril dan sebagainya. Cara pemakaian obat ini pun beragam. Ada yang mencampurnya dengan air minum atau pakan, ada yang dengan menggunakan sistem tetes dan lain sebagainya.

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.