Ancaman Cacar Pada Love Bird

Ancaman cacar pada love bird

Bukan rahasia lagi saat ini bagi pecinta love bird kian menjamur di tanah air. Terbukti pada saat lomba besar, kelas love bird dibuka dengan paling banyak jenisnya. Malah, ada yang membuka kelas love bird mulai kelas A hingga kelas I. Ini membuktikan love bird mania benar-benar telah banyak dan menjamur di tanah air. Namun, seiring dengan menjamurnya pemilik lovebird perlu adanya kewaspadaan terhadap kendala-kendala yang dihadapi burung kesayangannya. Salah satunya adalah ancaman cacar pada love bird. Penyakit cacar ini kerap menyerang love bird dan bisa mengakibatkan kematian pada burung love bird. Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit patek atau avian pox di daerah tertentu.

Penyebab, penularan, gejala, dan cara mengatasinya

Pada dasarnya, penyakit cacar ini disebabkan oleh virus. Ketika virus ini menyerang, lapisan kulit atas love bird tumbuh dengan pesat. Hal ini menyebabkan jaringan baru dan jaringan baru ini akan segera mati sehingga membentuk sebuah kutil. Jika kutil ini dibiarkan, kutil ini akan tumbuh membesar. Penularan virus cacar ini bisa melalui banyak perantara. Diantaranya adalah gigitan nyamuk yang sudah terinveksi virus, lalat, sentuhan burung lain yang sakit, dan bahkan bisa melalui pakan atau air minum. Dalam riwayatnya, penyakit cacar pada love bird ini dibedakan menjadi 2 jenis yakni kering dan basah. Cacar kering biasanya menyerang kulit si burung love bird dengan efek munculnya kutil di mata, pangkal paruh dan kaki.

Gejala yang ditimbulkan sebelum terkena penyakit cacar kering di antaranya adalah love bird cenderung lesu dan tidak beraktifitas seperti biasanya. Gejala yang lain adalah nafsu makan yang menurun, nafas tersengal-sengal, dan pengelihatan berkurang. Sementara itu, penyakit cacar basah biasanya terjadi khusus di dalam mulut love bird. Biasanya diindikasi terdapat bercak putih atau disebut sebagai plak yang berkembang pada selaput lendir di mulut, tenggorokan, trakea, dan terakhir menuju paru-paru. Akibatnya, love bird mengalami gangguan pernafasan dan sulit untuk makan hingga kemudian mati.

Mengatasi cacar pada love bird bisa ditempuh dengan beberapa cara. Salah satunya adalah mengisolasi love bird yang terjangkit cacar pada tempat yang telah disiapkan secara khusus. Selain itu, love bird yang sakit harus disangkar sendirian dan tempat isolasinya juga harus jauh dari love bird yang lainnya. Sangkar yang ditempati oleh love bird yang terkena cacar harus dibersihkan setiap hari. Sangkar dibersihkan dengan cara disemprot air supaya virus bisa hilang dari dalam sangkar.

Sementara itu, love bird yang terjangkit penyakit cacar bisa disembuhkan dengan cara diberi obat. Obat cacar bisa dibeli di toko-toko pakan burung. Bisa pula diatasi dengan ACC Blue atau Getamicin 0,1% secara rutin seraya mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasannya. Setelah love bird yang terjangkit penyakit cacar ini sembuh, berikan vitamin dan pakan yang bergizi untuk mengembalikan kekebalan tubuh dari love bird tersebut.

Top Seller

Vitamino...

Rp 25.000

B-Pleksol...

Rp 22.000

Specto Fit...

Rp 22.000

Contact Us

Jln. Pajajaran utara 1 no. 20, Sumber, Banjarsari, Surakarta

082132657777 | 081548634576

082132657777

D67C93BC

info@seputarburung.com

Testimonials

shuckyslam

source : kaskus

 

Pesenan sudah dateng om Herlan td pagi….

cepat prosesnya, aman transaksinya, ramah orangnya

PACKINGNYA??? ISTIMEWA bener”

panglimasji

source : kaskus

 

jumat sms untuk order dan transfer, sabtu sudah sampai rumah. Minggu langsung dikasih ke burung ocehan. Bener bener recomended seller layanan prima/cepat

a4ndri

source : kaskus

 

gan,ane dari subang yg beli gold patee,dll…paket nya udah nyampe gan,packing nya rapih….,top markotop dah….,jangan ragu transaksi sama agan yg satu ini dah………..

n1cegreen

source : kaskus

 

ane yg beli obat kemut 083114533739.agan ini super mantap.sangat direkomendasikan.terpercaya.

uncomfortable

source : kaskus

 

Mas, barang sudah sampe di Cinere dengan selamat.
Terima kasih buat perhatian dan kerjasamanya.